Berapa Gaji Pramugari Maskapai Seperti Garuda Indonesia, Lion Air

foto seragam pramugari lion air

Foto Pramugari Lion Air

Apakah Anda penasaran berapa gaji pramugari maskapai seperti Garuda Indonesia, Lion Air? Pasti, jika Anda termasuk wanita yang mengidamkan menjadi pramugari.

Menjadi pramugari dianggap sebagai sebuah profesi yang sangat keren bagi seorang wanita.

Sebenarnya gaji pokok pramugari itu cukup besar. Setiap kali terbang (wilayah Indonesia) biasanya dapat Rp 2 – 3 juta untuk pramugari junior. Sedangkan untuk pramugari senior bisa Rp 5 – 6 juta sekali terbang. Tetapi beda lagi dengan seorang pramugari maskapai asing papan atas yang mungkin digaji lebih besar.

Uang saku? Namun tentu saja perjalanan yang di jadwalkan kepada mereka, akan mendapatkan “uang terbang” yang sungguh tidak sedikit jumlahnya tergantung frekuensi jumlah terbang dan juga tergantung maskapainya.

Yang namanya flight attendant memang identik dengan hidup kelas atas karena mempunyai pendapatan yang tidak sedikit. Oleh karena itu tidak heran kalau flight attendant sering bergaul dengan kaum sosialita.

Selain gaji pramugari yang menggiurkan, apa yang bisa dibanggakan dari pramugari? Banyak! Jalan-jalan gratis ke kota dan tempat wisata yang bisa ia kunjungi, menceritakan pengalaman luar biasa dengan budaya di seluruh dunia dan dan lainnya dan juga fasilitas tidur di hotel berbintang yang terbilang paling bagus di dekat wilayah yang ada dengan segudang fasilitas menarik lainnya adalah sebuah kemewahan yang patut dinikmati.

Yang jelas, menjadi seorang pramugari adalah enak dan enak sekali. Mau dilihat dari sisi mana?

Mereka tidak memikirkan untuk berangkat ke tempat pekerjaan mereka, tidak terlalu memikirkan macet di jalan, sementara para pekerja lainnya mengerjar bus dan mengalami kemacetan bila mengendarai mobil sendiri. Stewardess tinggal duduk manis di dalam mobil dan mobil jemputan siap menjemput dan mengantar dari bandara maupun ke rumah.

Selama ini pandangan masyarakat tentang pramugari masih sangat awam. Bagi sebagian masyarakat yang belum tahu, atau tidak ingin tahu, pramugari identik dengan service makanan dan minuman. Banyak juga yang mengira pekerjaan pramugari amatlah mudah, yaitu hanya menyajikan makanan dan minuman kepada penumpang. Ya, kebetulan karena memang hal tersebut yang terlihat nyata di depan mereka.

Apabila demikian mengapa setiap pramugari minimal harus mengikuti pelatihan selama 6 bulan / setengah tahun?

Menyajikan makanan dan minuman hanyalah “tugas sampingan” pramugari. Tugas seorang pramugari tidak sesimpel itu. Seorang pramugari tentu memiliki kualifikasi dan sangat professional. Sejak naik pesawat, kita sudah disambut dengan senyum manisnya. Lalu membantu kita mencari tempat duduk. Kemudian membantu kita merapikan barang-barang yang kita bawa ke dalam pesawat. Kemudian menerangkan hal-hal penting yang harus diperhatikan demi keselamatan penumpang.

Tugas utamanya adalah sebagai awak kabin yang bertanggung jawab terhadap keselamatan penerbangan. Para pramugari yang tampil cantik, cool, dan charm tersebut adalah awak kabin yang bertugas membantu pilot untuk mengamankan penerbangan dengan memperhatikan aturan keselamatan penerbangan. Mereka harus memastikan penumpang tahu dan mengikuti sistem keselamatan penerbangan. Pesawat tidak akan terbang kalau cabin crew belum menutup pintu pesawat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan cabin crew tidak mau menutup pintu pesawat, semisal penumpang yang berulah seperti menggunakan ponsel di pesawat padahal itu dilarang. Penumpang tersebut sudah diberi pengertian baik-baik, namun tetap bersikukuh tidak mau mematikan ponselnya maka pesawat tidak akan terbang sebelum penumpang tersebut mematikan ponselnya atau bahkan “diusir” keluar dari pesawat.

Ya, begitulah tugas seorang pramugari. Di pundaknya keselamatan para penumpang disandarkan. Beda dengan pilot pesawat yang bertugas untuk menerbangkan dan mengendalikan laju pesawat. Disamping itu, pramugari tersebut juga merupakan ujung tombak pelayanan perusahaan kepada pelanggannya.

Jadi kemampuan pramugari memang bukan hanya didasarkan karena muda dan menarik saja. Untuk itulah, atas dasar kemampuan yang memang harus bisa diimplementasikan di lapangan selama penerbangan, di atas ketinggian 32.000 kaki tersebut, maka pastinya seorang pramugari layak mendapatkan gaji tinggi yang dihitung atas jam terbang mereka dan ini sepadan dengan resiko tugas yang diemban pramugari.

Banyak perempuan yang bercita-cita menjadi seorang pramugari karena penghasilan yang dimiliki seorang pramugari mampu melebihi orang bekerja yang telah lulus sarjana, S2, atapun PNS. Bagi seorang wanita profesi pramugari menjadi pekerjaan yang berpenghasilan lebih untuk bisa mandiri mengurangi beban orangtua.

Menjadi seorang stewardess tentunya akan mendapatkan berbagai keuntungan, seperti bisa jalan-jalan gratis keliling dunia, mempelajari budaya negara lain, dan lain sebagainya.

Selain itu jika sekarang pramugari pandai mengatur uang, mereka bisa menyisihkan sebagian gaji pramugari untuk bisa menabung untuk mengupgrade kemampuan dengan kuliah sehingga siap bekerja di darat dan yang paling penting membantu memenuhi kebutuhan hidup.

Apakah kini pramugari masih susah dicari? Untuk menjadi seorang pramugari itu tidaklah mudah karena standar kompetensi pramugari yang berat. Ini artinya bahwa dari setiap pendaftaran calon pramugari yang dihadiri oleh lebih dari ratusan pendaftar, bila diambil rata-rata maka hanya orang-orang pilihan yang memenuhi syarat yang bisa lolos seleksi yang kemudian diterima sebagai pramugari.

Betapa bangganya bisa menjadi seorang pramugari. Orang tua dan keluarga sang pramugari pastilah amat bangga. Tidak semua profesi seberuntung pramugari dan patut bersyukur bila mempunyai kesempatan itu.

Untuk Anda yang ingin mencoba daftar menjadi pramugari, sebaiknya di awal memilih sekolah pramugari yang mengajarkan cara menjadi seorang pramugari agar Anda bisa lebih gampang lolos seleksi.

[reaction_buttons]
You do not have permission to view the comments.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>