Syarat, Test, Cara Daftar Menjadi Siswa di Sekolah Pramugari

persyaratan test cara pendaftaran menjadi pramugari

Syarat Menjadi Pramugari

Test, cara, syarat dan persyaratan yang harus dipenuhi calon siswa yang ingin sekolah pramugari untuk menjadi pramugari maskapai penerbangan seperti garuda Indonesia.

Berdasarkan kebijakan manajemen bagian pendaftaran, untuk dapat menjadi calon peserta didik program studi pendidikan pramugari di PUSHKOM Airline School, masing-masing pendaftar harus memenuhi beberapa persyaratan (qualification).

Syarat Pendaftaran Siswa Baru di Sekolah Pramugari PAS

Program study pendidikan dan pelatihan jurusan pramugari bertujuan untuk mengembangkan potensi Anda yang mempunyai minat di dunia transportasi udara sebagai syarat menjadi awak kabin (cabin crew) maskapai penerbangan domestik maupun internasional dan berikut kriteria pendaftaran yang dibutuhkan :

Persyaratan Program Pramugari Udara

1. Syarat Khusus
Syarat khusus yang meliputi persyaratan pendidikan dan fisik

Persyaratan Pendidikan

  • Pendidikan minimal lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), Kejar Paket C atau yang setingkat dan dibuktikan dengan ijazah yang dilegalisir (Bagi yang masih kelas XII SMA/SMK/MA akhir yang ijasah nya belum keluar, ijazah bisa disusulkan)
  • Lulusan Diploma D1, D3, D4 dan Sarjana S1 juga bisa mendaftar sepanjang memenuhi persyaratan
  • Jurusan dan nilai rata-rata raport pada saat sekolah / kuliah bebas, tidak mempengaruhi

Persyaratan Fisik

  • Wanita
  • Belum pernah menikah
  • Tanpa batas usia minimal
  • Usia maksimal pada saat pendaftaran adalah 24 tahun
  • Berbadan sehat atau sehat secara jasmani (ditunjukan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter)
  • Sehat secara rohani
  • Tidak menggunakan alat bantu penglihatan seperti kacamata, lensa kontak (contact lens / softlens) karena plus atau silinder
  • Toleransi mata minus hingga -1 dioptri
  • Tidak buta warna
  • Hidung tidak harus mancung
  • Susunan gigi rapi
  • Diperbolehkan memiliki gigi gingsul
  • Boleh memakai behel, kawat gigi, gigi palsu saat pelatihan berlangsung
  • Bila memiliki masalah pada gigi bersedia untuk memperbaiki (contoh menambal gigi berlubang atau memasang gigi tiruan pada bagian yang ompong)
  • Warna kulit tidak harus putih, sawo matang atau agak gelap juga diterima
  • Kulit bersih dari jerawat, bekas jerawat, dan noda (samar / kecil / sedikit masih bisa masuk ada pengecualian)
  • Tidak ada luka permanen pada kulit yang terlihat (pada bagian tubuh yang tertutup seperti perut tidak masalah)
  • Punya tahi lalat hidup / mati pada bagian wajah bisa masuk
  • Untuk bekas luka jahitan / patah tulang / tanda lahir / pertanyaan soal kulit lainnya, kami tidak bisa memberi kepastian sebelum melakukan pemeriksaan secara langsung di salah satu kampus sekolah pramugari PAS
  • Tinggi badan minimal putri 160 cm
  • Tidak harus bisa renang
  • Tidak wajib menguasai / lancar bahasa Inggris & bahasa asing apapun karena nanti akan diajarkan waktu pelatihan
  • Diizinkan mengenakan kerudung, jilbab atau hijab
  • Panjang rambut bebas, boleh panjang juga pendek
  • Berat badan proporsional dengan tinggi badan (kami juga bisa menerima bila nilai indeks massa tubuh Anda hanya selisih lebih / kurang sedikit dari normal)

Cara mengukur tinggi dan berat badan ideal berdasar BMI
BMI (body mass index) atau IMT (Indeks Massa Tubuh) didefinisikan sebagai berat badan (dalam kilogram) dibagi kuadrat dari tinggi badan (dalam meter). Formula menghitung nya dapat kita lihat pada gambar berikut.

body mass index bmi indeks massa tubuh imt

Contoh kasus : Berat 50 kg. Tinggi 160 cm = 1.60 m. Berarti body mass index adalah: 50 / (1.60)² = 19.53 kg/m².

Bila hasil BMI Anda adalah 18.5 – 22 berarti termasuk dalam kategori ideal dan dapat diterima menempuh pendidikan pramugari di kampus PAS

2. Syarat Umum Administratif

a) Menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter
b) Foto Copy KTP atau identitas lain 1 lembar
c) Foto Copy Ijasah terakhir atau STTB yang telah di legalisir 1 lembar (bisa menyusul)
d) Menyerahkan foto diri berwarna yang diperlukan yaitu :

  • Pas Foto Berwarna ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar
  • Pas Foto Berwarna ukuran 4×6 (passport size) sebanyak 5 lembar
  • Pas Photo close up seluruh badan full body (warna background, pose, dan pakaian bebas) ukuran post card 3 R  sebanyak 3 lembar

Waktu & tanggal kapan dibuka registrasi gelombang baru dapat dilihat pada halaman “Pendaftaran

Jika Anda ingin mengikuti pendidikan pramugari (stewardess / flight attendant training) PAS dan masih ada hal-hal yang termasuk dalam syarat-syarat utama, test dan cara menjadi mahasiswa mahasiswi sekolah pramugari yang belum Anda mengerti, silahkan menghubungi kami.

  • Lihat info terbaru program studi pramugari dari syarat, deskripsi, tata cara dan biaya pendaftaran pada satu halaman
Harap kunjungi halaman baru kami : FAQ Tanya Jawab PAS sebelum memberikan komentar karena demi kenyamanan pengunjung situs ini maka kami memutuskan tidak memunculkan pertanyaan yang mirip atau telah terjawab.

Namun kami menyediakan pilihan bagi Anda yang memiliki pertanyaan dan ingin segera mendapatkan balasan maka dapat mengisi formulir pada : Hubungi PAS


222 thoughts on “Syarat, Test, Cara Daftar Menjadi Siswa di Sekolah Pramugari

    1. adminadmin Post author

      Tidak memiliki pengaruh sama sekali jurusan SMA baik IPA, IPS atau Bahasa. Minimal Anda hanya harus lulus SLTA atau sederajat sebagai syarat menjadi pramugari.

      Reply
  1. amalia syafitri

    tinggi badan max 160 atau 162 ?
    klu ad sedikit bekas luka di lutut bisa ikutan?
    saat dinyatakan lulus msuk pushkom pembayran 24.900.000 itu di byr lunas atau bisa angsur 2x ?
    masuk pendidikn tgl n bulan brp ?
    tlg balas , sngat butuh infonya ya :) )

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Masih bisa, karena dalam test fisik pramugari tidak akan diperiksa apakah masih perawan / virgin dan memang tidak diwajibkan, namun yang diperlukan hanya status resmi belum pernah menikah.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Menurut kami tidak ada wanita yang jelek, semua punya kecantikan masing-masing, relatif. Syarat menjadi pramugari yaitu penampilan menarik bukan berarti harus memiliki wajah yang cantik, karena pramugari berbeda dengan artis atau model. Kenapa tidak dicoba terlebih dahulu

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Pada prinsipnya bisa. Mata minus / rabun jauh (miopi) dengan derajat koreksi hingga maksimal -1 diopter dapat diterima dengan catatan anda harus menandatangani surat pernyataan yang disediakan bagian pendaftaran sekolah pramugari PAS.

      Sebagai tambahan kami akan memberikan masukan airlines-airlines mana yang bisa anda masuki.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Lebih bisa, karena semakin tinggi badan Anda akan menjadi nilai tambah pada saat test pendaftaran pramugari di maskapai penerbangan nantinya

      Reply
  2. Berlianti Fauziah

    I want to ask :
    Tinggi saya 165cm, berat badan 43kg
    1.Gigi saya ada yg bolong nih apakah itu pengaruh? hehehe
    2.Bahasa inggris yg harus dikuasai contohnya seperti apa ya? Apakah seperti conversation?
    3.Biaya administrasi untuk masuk pramugari kira2 berapa ya?
    Please respond my comment, thanks before :)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      1. Ada pengaruhnya, sebaiknya ditambal terlebih dahulu di dokter gigi yang terpercaya
      2. Saat mendaftar sekolah pramugari tidak harus menguasai bahasa Inggris, karena nanti akan diajarkan saat pelatihan
      3. Untuk info biaya silahkan klik disini Biaya sekolah pramugari

      Reply
  3. rohma

    Min kalau sekolah pramugari ini ,kedepannya akan jadi pramugari apa harus tes dulu lagi biar bisa pramugari :) mksh bls ya

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Tetap ada karena airline apapun selalu melakukan tes seleksi sebelum menerima pramugari. Oleh karena itu mustahil bagi lembaga di luar maskapai untuk bisa menjamin siswa diterima bekerja di maskapai tersebut tanpa melalui test. Meskipun demikian jangan khawatir karena setelah lulus, kami akan membantu agar bisa cepat dapat kerja sebagai Pramugari, karena kita punya hubungan baik dengan banyak maskapai penerbangan, jadi tidak dilepas begitu saja.

      Ditambah dengan adanya persiapan khusus, simulasi rekrutmen dan sertifikat kelulusan dari sekolah pramugari PAS yang akan memberikan Anda banyak kelebihan dan memperbesar kemungkinan Anda diterima menjadi Pramugari dibandingkan dengan pendaftar lainnya.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Gigi pasangan diperbolehkan, tetapi gigi pecah bila terlihat mengganggu penampilan memang sebaiknya diperbaiki seperti misalnya dengan teknik crown atau penjaketan gigi. Silahkan ber konsultasi dengan dokter gigi Anda.

      Reply
  4. ARIEYANI AGLIES AGUSTIN

    SAYA memiliki bekas luka di kaki akibat keclakaan apa munkin masih bisa daftar mnjadi pramugari

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Hal ini tergantung kepada lokasi, jenis gangguan dan tingkat parah bekas luka pada kulit kaki anda. Kami akan memeriksa kulit anda pada saat tes seleksi untuk menentukan apakah anda dapat diterima atau tidak.

      Reply
  5. misdhalifha

    maaf ya mau nanya persyaratannya kan susunan gigi harus rapi,,nah gigi saya ini gak rapi dan ada yang bolong gimana dong?? ;(
    kalau kulit hitam bisa diterima gak jadi pramugari???

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Sama seperti saran sebelumnya, masalah gigi tersebut sebaiknya diperbaiki di dokter gigi pada saat sebelum atau waktu pelatihan. Cerita pengalaman teman-teman pramugari sebelumnya ada yang tetap diterima di airlines tertentu walaupun memiliki kulit gelap / kurang cerah.

      Reply
  6. lala

    Min, saya lihat komentar sebelumnya, ada yg bilang lulus, kemudian bayar 24.900.000. Itu biaya apa ya min? Thanks

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Masih ada kok, sayangnya kami belum tahu seberapa berat masalahnya. Saran kami saat ini yaitu anda dapat datang ke kampus sekolah pramugari PAS dan kami akan memeriksa kulit anda untuk menentukan apakah anda dapat diterima atau tidak, atau

      Bila memang diperlukan bisa konsultasi ke klinik kecantikan / dokter kulit profesional di kota anda, mungkin mereka memiliki solusi untuk masalah anda karena sekarang teknologi perawatan kulit sudah sangat modern.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Bisa masuk pendidikan pramugari PAS, namun saat bekerja di maskapai penerbangan nanti menyesuaikan kebijakan dan syarat rekrutmen pramugari yang ditentukan oleh masing-masing airline.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Ada harapan, coba dilihat jawaban sebelumnya, dari cerita teman-teman pramugari ada yang diterima menjadi pramugari walau berkulit gelap .

      Reply
  7. Alessandra

    Min, kalau jangka waktu sekolah pramugari di indonesia dengan luar negeri sama ya? Setengah tahun?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Sama, 6 (enam) bulan atau setengah tahun karena kami rasa itu adalah jangka waktu terbaik, hal ini dipertegas juga dari pendapat pekerja maskapai penerbangan bahwa pelatihan lebih dari 6 bulan hanya akan membuang waktu anda.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Disediakan, Manajemen PAS yang akan membantu mencarikan tempat magang. Apabila peserta didik ingin mencari sendiri juga diperbolehkan.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Masih ada, kalau cuma sedikit flek mudah disamarkan dengan bantuan krim atau dihilangkan sekalian dengan menggunakan laser.

      Reply
  8. Novia

    Min,apakah hidung yang pesek itu berpengaruh untuk mnjdi pramugari?!
    dan,

    jikalau lulusan dari SMK penerbangan tapi jurusan mesin pesawat?apa itu juga bisa berpengaruh menjadi pramugari? :)

    mohon anda jawab
    terimakasi:)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Bisa saat mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah pramugari PAS, yang perlu diperhitungkan apakah waktu perawatan gigi melebihi dari waktu pelatihan selama 6 bulan karena nanti setelah lulus syarat untuk bekerja sebagai pramugari memang tidak menggunakan breket atau behel.

      Jika waktu perbaikan gigi yang dibutuhkan melebihi waktu pelatihan maka anda harus mempertimbangkan kesempatan pekerjaan yang hilang selama waktu koreksi tersebut, namun bila anda bersedia menunggu sedikit lebih lama maka tidak ada masalah.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Maksimal hanya sampai -1 diopter
      Berat badan relatif tergantung tinggi badan Anda, asalkan kelebihan atau kekurangan tidak terlalu jauh dari berat ideal masih bisa diterima

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Tergantung kondisi gigi apa masih bisa diratakan atau tidak, mungkin lebih pasti konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu. Jika bisa harus bersedia untuk diperbaiki sebelum atau saat pelatihan.

      Reply
  9. laily

    hai min mau tanya. pd pertanyaan sbelumnya dikatakan bahwa jika memakai jilbab boleh utk mendaftar di PAS.
    yang saya prnah dnger katanya jarang ada maskapai yg membolehkan pramugarinya memakai jilbab.
    kira2 banyak ga sih maskapai yg mmbolehkan pramugarinya memakai jilbab ? terima kasih :

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Memang tidak banyak airlines domestik yang memperbolehkan pramugari nya memakai jilbab, dan sebagian lebih bersifat musiman seperti awak kabin haji. Untuk menjadi pramugari reguler dan tetap memakai jilbab kemungkinan lebih besar pada maskapai penerbangan internasional, dan pendidikan pramugari PAS juga dirancang untuk mempersiapkan siswa bekerja sebagai international flight attendant.

      Reply
  10. monika

    min,sepupuku mau daftar cuma berat badannya 40 dan tingginya 163 dia lumayan bisa menguasai bahasa inggris,kira kira jadi kendala tidak ya berat badannya?
    terimakasih

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Berat badan bisa menjadi kendala karena kurang dari ideal berdasar perhitungan indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI). Untuk contoh sepupu anda berat 40 kg dan 163 cm diubah ke satuan meter = 1.63 m. Berarti BMI-nya adalah : 40 / (1.63)² = 15.06 kg/m². Sebagai informasi BMI yang ideal yaitu antara 18.5 – 24

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Ya maaf, karena selisih terlalu jauh dari syarat minimal tinggi badan pramugari. Batas maksimal angsuran biaya pelatihan hanya sampai 2 (dua) kali

      Reply
  11. Hera Monica

    mau nanya, berat badan saya 45kg dan tggi 161cm, tp dbagian dahi saya ada bkas luka, dan di’paha saya juga ada bekas goresan luka, sama dikaki saya ada bekas luka knalpot kira2 msih bisa diterima gk yaa :(
    please reply !

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Untuk beberapa keadaan fisik tertentu, kami belum dapat menjawab diterima atau tidaknya hanya berdasarkan deskripsi anda namun kami juga harus memeriksa secara langsung. Untuk lebih jelas harap kunjungi salah cabang kampus sekolah pramugari PAS untuk mendapat jawaban lebih pasti.

      Jawaban berlaku untuk siapa saja yang masih punya pertanyaan apakah dapat diterima karena memiliki ciri fisik tertentu.

      Reply
      1. Hera Monica

        tapi ada harapan dong. soal nya aku mau dftar taun dpan, n sbisa munkin ak hilangin smua lecet2 di bagian tbuh aku

        Reply
  12. putri

    min, kalau kulitnya agak gelap dan berjerawat sedikit kira-kira bisa masuk ga yah?
    terus klu giginya gak rata dibagian depan gimana?
    kalau tangan dan kakinya ada bulunya dan berkumis tipis gimana?
    kalau tinggi badan 158 trus beratnya 47 kira-kira bisa masuk gak?
    diwajibkan untuk bisa berbahasa inggris sebelum pelatihan atau pada saat pelatihan ada pelajaran bahasa inggris khusus yang diajarkan disana?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Kulit agak gelap tidak masalah, bila yang berjerawat bagian wajah memang sebaiknya diobati, saran kami konsultasi ke dokter kulit yang bagus di kota anda, biasanya lebih efektif daripada uji coba produk perawatan wajah yang beredar di pasaran.
      Gigi juga sebaiknya dirapikan, bisa saat sebelum atau saat pelatihan
      Ini tidak masalah
      Masih bisa diterima,
      Tidak diwajibkan bisa Bahasa Inggris, karena nanti memang ada pelajaran Bahasa Inggris pramugari khusus yang akan diajarkan saat pelatihan

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Masih bisa, pada banyak kasus flek hitam bekas jerawat masih bisa disamarkan / dihilangkan. Saran kami konsultasi ke dokter kulit yang bagus di kota anda, biasanya lebih efektif daripada uji coba produk perawatan wajah yang beredar di pasaran.

      Reply
  13. Lilis Kalsum RohayatiLilis

    sy ingin bertanya!
    kalau gigi kurang rapih dan memiliki 2 gigi gingsul, apa bisa di terima? apakah sekolah PAS ini ber asrama? dan insya allah tahun depan sy lulus dan sy lulus baru berusia 17 tahun, apakah masih bisa di terima di sekolah PAS?
    mohon di jawab :)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Memiliki gigi gingsul bisa diterima, namun bagian gigi lain memang sebisa mungkin dirapikan agar tidak menjadi hambatan.
      Belum menyediakan asrama, namun karena calon pendaftar bisa datang dari seluruh Indonesia maka kami bisa membantu mencarikan rumah kost.
      Batas umur minimal tersebut bisa diterima asalkan sudah lulus SLTA atau sederajat.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Telinga lebar sepertinya tidak jadi masalah.
      Bila bekas lokasi hanya kecil dan tidak terlihat jelas / bisa disamarkan sepertinya juga bisa diterima

      Reply
  14. Livia

    Maaf saya mau bertanya, apakah itu benar untuk mata maximalnya -1.50? Saya mempunyai rencana untuk nanti saya ingin menjadi pramugari setelah saya lulus dari SMIP. Tinggi saya sekarang 172. Tetapi mata saya memiliki -2.50. Apa masih ada harapan untuk saya nantinya masuk PAS?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Benar, maksimal hanya sampai -1. Tinggi badan sudah ideal. Sebagai informasi ada prosedur efektif untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan minus pada mata yaitu melalui operasi lasik, tapi ini membutuhkan cukup banyak biaya untuk dilakukan, hanya sebagai pertimbangan solusi.

      Reply
  15. dela

    min maaf mau tanya nih yah , kalo ada sedikit doang bekas jerawat diwajah sama ada selulit sedikit dibagian paha ? dan ada bekas luka pada saat jatuh sedikit kira2 bisa gak nih yah min ? sama kalo misalkan saya pakai behel tp kemungkinan kurang lebih dibawah 6 bulan lagi saya baru lepas bisa gak min kalau saya pelatihan masih menggunakan behel ?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Bila hanya sedikit bekas jerawat dan selulit pada bagian paha yang harusnya tidak begitu terlihat pada saat memakai baju seragam pramugari jadi masih bisa.
      Bekas luka kecil prinsipnya bisa, cuma memang lebih meyakinkan bila kami lihat langsung.
      Saat pelatihan menggunakan behel atau kawat gigi juga diperbolehkan.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Tidak harus menguasai 3 bahasa internasional, namun cukup Bahasa Inggris yang diutamakan. Itu juga tidak sampai ahli, percakapan dasar (basic conversation) sudah cukup sebagai syarat menjadi pramugari di beberapa maskapai penerbangan.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Mempengaruhi, bekas luka jahitan bisa diterima asalkan tidak di tangan, kaki atau bagian tubuh lain yang terlihat jelas.

      Reply
  16. Miki Tri N

    Mba/Mas, kita pelatihan di PUSHKOM itu sama kayak kuliah gak? punya sertifikat atau apa gitu yang menunjukkan lulusan pendidikan pramugari?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Iya, lebih mirip seperti kegiatan perkuliahan.
      Bila lulus nanti siswa memperoleh sertifikat kelulusan pelatihan pramugari atau siswa yang langsung bekerja sebagai pramugari bahkan sebelum lulus nanti akan dianggap selesai pendidikannya dan dapat sertifikat juga.

      Reply
  17. Nia Elsufrino

    Min mau nanya nih berat badan aku 55kg tinggi 168 tapi aku ada bekas luka d bagian kaki masihh bisa ngak min . Aku baru lulus sma ijazah nya gmna ijazah aku bekum keluar soal nya

    Jawab ya min

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Berat dan tinggi badan sudah pas.

      Untuk masalah bekas luka kami sebenarnya selalu kesulitan memberi jawaban pasti karena tergantung beberapa hal, sebaiknya datang ke kampus untuk kami periksa langsung untuk soal kepastian diterimanya.

      Ijazah bisa menyusul nanti, jadi tidak perlu khawatir.

      Reply
  18. Nadhia

    Tinggi badan saya 165 cm berat badan 52 kg terus saya punya bekas luka di alis kanan tapi kecil ga terlalu kelihatan karena kena bulu alis mata terus saya min gmana min ?

    Reply
  19. riana

    min mau tanya pramugari kalau pakai soflans itu apa nggak boleh ? tapi itu soflans nya normal tidak minus . alamat lengkap nya PAS dimana :) terima kasih

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Belum ada sepertinya, karena pendidikan pramugari yang bagus itu singkat dan mempersiapkan alumni langsung kerja jadi pramugari setelah lulus dan lulusan SMP dirasa masih terlalu muda dan syarat dari maskapai juga mengharuskan minimal lulus SMA.

      Reply
  20. isel

    min mau nanya..
    kalok tinggi.nya 165 beratnya 58 ada peluang gak??

    kalo baru lulus smp masuk PAS bisa gak??

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Ada peluang karena tinggi dan berat badan Anda sudah termasuk ideal.

      Belum bisa, minimal harus lulus SMA terlebih dahulu.

      Reply
  21. JOJO

    min mau nanya ni , aku punya bekas luka dibagian mata kaki , soalnya baru beberapa minggu yang lalu habis kecelakaan , tpi kan bisa hilang lambat laun nanti min ?
    lalu , tinggi badanku 157 sedang berat badan 57 . kira kira bisa masuk persyaratan apa tidak min ??
    please , reply :)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Mungkin hanya tinggi badan yang masih kurang dari minimal 160, mungkin anda bisa mencari alternatif dalam menaikkan tinggi badan anda sedikit lagi.

      Reply
  22. mada

    emangnya harus lancar bahasa inggris ya. klau cuma bisa bahasa inggrisnya sedikit gimana?
    bisa ngak ????
    bahasa mandarin juga ya?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Tidak harus lancar bahasa asing baik Inggris atau Mandarin saat mendaftar, karena nanti akan ada pelajaran Bahasa Inggris khusus saat menjalani pendidikan pramugari.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Boleh, lulusan sarjana S3, S2, S1, D4, D3 dan D1 semua bisa diterima karena syarat minimal yang penting lulus SLTA.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Tidak ada usia minimal, asalkan sudah lulus SMA atau sederajat dan tidak lebih dari umur 23 tahun dapat diterima.

      Reply
  23. intan

    biaya itu sdh trmsuk biaya magang gak ???
    wktu magang nya brp bulan ????
    ada baju seragan PAS nya gax selama mengikuti pelatihan ???
    tks.

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Sudah termasuk magang, tidak ada lagi biaya tambahan

      Kira-kira lebih kurang sekitar 2 bulan

      Pasti dapat baju seragam

      Reply
  24. milda

    min. kalau kita lulusan SMA tahun ini terus mau daftarnya ndatahun ini bisakan min? setelah gelombang II nanti, pendaftaran ajaran selanjutnya kapan di bukanya min? apakah sama sekitar bulan desember juga?

    Reply
  25. lia

    Rambut pendek terpengaruh ta mb ? syarat nya sih udah lengkap hanya saya kurang bisa menguasai bahasa inggris. apa masih bisa ?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Tidak berpengaruh

      tidak harus menguasai bahasa asing apapun saat mendaftar karena nanti akan diajarkan saat pelatihan, semoga memberi penjelasan bagi yang lain

      Reply
  26. dewi

    kalau saya LULUS umurnya 15thn bissa msk atw tdk ..??
    dan saya puny bekas luka sdkt di lutut ..?
    di terima atw tdk ..??
    saya cewe dan ingin menjadi PILOT bisa ngk ..??

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Umur tidak jadi masalah asalkan sudah lulus SMA atau sederajat. Luka sedikit masih bisa diterima.

      Sayangnya kami hanya menyelenggarakan pendidikan pramugari, untuk pilot maka Anda harus memilih sekolah penerbangan yang memang mengajarkan untuk menjadi pilot pesawat.

      Reply
  27. Larasati

    Min, kalo ada gingsul di depan. Terus gigi bawah belakang ada yg bolong apakah masih bisa masuk?

    Reply
  28. enika

    min mau nanya, tinggi badan berpengaruh sekali ya? nah kalo masalah bekas jerawat sedikit apa msih bisa masuk?
    trus masalah biaya itu bagaimana? langsung apa besok setelah lulus tes?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Tinggi badan sangat berpengaruh karena menyesuaikan tugas pramugari. Masalah kulit wajah berjerawat sedikit masih bisa. Biaya itu dibayarkan setelah dinyatakan diterima dan sebelum pelatihan dimulai.

      Reply
  29. Nadya Emanuella Jacob

    min, nanya dong..klo gelombang II uda d tutup, apa masih ada peluang buat m’daftar ?
    klo ada kapan ? taond depan ?
    trus klo uda msuk pelatihanx qt bkal msuk asrama apa gmana min ?

    thanks sebelumnya min ^_^

    tolong d jawab yah min ^_^

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Masih ada kesempatan ketika kami membuka pendaftaran gelombang baru, untuk waktu kapan pasti kami update pada situs ini

      Reply
  30. Ramelia

    min saya tinggi nya sudah lebih dari 165, apakah itu berpengaruh untuk menjadi seorang pramugari. lalu min apa bekas luka itu harus benar” tidak ad ya min.? pendaftaran nya belum tutup kan min.? :) mohon jawaban nya ya min. makasi sebelum nya min.:)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Semakin tinggi badan Anda maka kemungkinan menjadi pramugari makin besar termasuk lebih bisa diterima pada maskapai Internasional

      Bukan tidak ada sama sekali, ada namun bekas luka samar masih bisa

      Saat jawaban ini dibuat belum tutup, tanggal gelombang pendaftaran ada informasinya pada website ini

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Tidak ada angka pasti, namun Anda bisa menghitung apakah masuk kategori ideal berdasarkan rumus yang telah kami berikan

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Kami belum menyediakan asrama, biasanya para siswa tinggal di rumah sanak saudara (bila ada) atau di tempat kost. Tidak ada biaya tambahan untuk wisuda, semua sudah termasuk dalam biaya yang Anda bayarkan.

      Reply
  31. Gita novia putri

    Pd saat pendantaran apa saja yg menjadi kriteria bgi calon siswa PAS selain penilaian fisik. Dan apabila saat pendaftaran awal kita di nyatakan lulus,apa itu berarti kita telah resmi jd siswa PAS,dan tdak ada tes lg hanya ada pelatihan lanjutan ? Please respon q perlu bnget info nya

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Kami lebih menekankan pada pengecekan persyaratan fisik dan bila setelah tahap cek fisik dan kelengkapan lainnya telah lengkap dan memenuhi syarat maka akan dinyatakan diterima dan tidak ada tes lanjutan

      Reply
  32. Muthiya

    Saya mau tanya nih,
    saya punya keinginan besar untuk menjadi seorang pramugari..
    cita2 ini sudah dari dulu saya idamkan..
    nah, tahun ini saya tamat SMA dan ingin msuk PUSHKOM AIRLINES SCHOOL ini, akan ttapi syarat blum mmenuhi. Seperti gigi saya ada gingsul, bagian graham ada yg berlubang, mata tidak minus tdk silinder, tinggi 158cm, dan berat badan 40kg.
    sekarang saya kuliah di Universitas.
    Kalau nanti setelah tamat kuliah apa saya bisa mendaftar?
    Saya akan perbaiki semua yg rumpang, sperti merapikan gigi, menambah tinggi badan, dan pintar bahasa asing.
    Mohon tanggapannya. Terima kasih :)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Kami rasa sebenarnya banyak syarat yang masih menimbulkan kekurangan informasi walaupun kami telah menjelaskan pada jawaban komentar yang telah ada.

      Gigi gingsul tidak masalah

      Gigi geraham berlubang tidak masalah asalkan Anda bersedia untuk menambal, relatif cepat dan mudah untuk diatasi maksimal hanya 2x ke dokter gigi.

      Mungkin berat badan Anda masih kurang dan perlu dinaikkan lagi.

      Setelah tamat kuliah bisa mendaftar asalkan umur Anda tidak melebihi dari yang disyaratkan

      Reply
  33. adelita

    hi, tlg info dong ka
    kalau umur 17 tahun bisa ga ya”?tapi sudah lulus sma
    dan ada bekas luka d bagian perut

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Bisa, tidak ada batas umur minimal yang penting Anda sudah lulus SMA saat mendaftar. Untuk bekas luka yang tidak terlihat dari luar Anda tidak perlu khawatir, karena bukan hal tersebut yang menjadi syarat utama.

      Reply
  34. Reka Juliyenti

    Kalo tes nya nanti itu gimana? langsung ke PAS nya, atau gimana?
    Ngajukin formulirnya itu harus langsung dateng, atau bisa yg lain.. soalnya kita dari luar prov Jkta

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Ya, Anda perlu ke kampus kami untuk mengembalikan formulir pendaftaran, cek fisik dan menyerahkan kelengkapan syarat pendaftaran lainnya

      Reply
  35. ayu fitriya

    min klo ada bekas luka di bibir tp cuma sedikit ga pa2 kan min….
    kalo persyaratan lain nya udah memenuhi siii….
    kalo pendaftaran nya rambut panjng ga pa2 kan..

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Tidak apa-apa bila hanya bekas luka kecil, potongan rambut baik panjang maupun pendek juga tidak terlalu mempengaruhi, semua bisa diterima.

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Sebenarnya ini bukan berupa test, namun lebih kepada pemeriksaan apakan semua syarat sudah terpenuhi. Kami telah memperjelas hal tersebut pada isi website ini.

      Reply
  36. Hera Monica

    min, ak prnh dpat bcoran kata nya klo mau jd pramugari itu sebelumnya harus mau tidur (ML) dg pilot nya, apa itu benar min . ?????

    please reply !

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Berita ini hanya rumor dan sama sekali tidak benar. Setiap maskapai penerbangan memiliki standar prosedur penerimaan pramugari yang ketat dan hanya airlines yang berhak menentukan pramugari armadanya dan sama sekali tidak berhubungan dengan pilot pesawat.

      Anda harus hati-hati dan waspada bila ada pihak yang menggunakan cara tersebut di atas sebagai syarat untuk menjadi pramugari dan patut dicurigai

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Kami saat ini belum memiliki kampus di kota Jogjakarta, sementara sekolah pramugari PAS hanya di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang

      Reply
    1. adminadmin Post author

      Tentu ada toleransi yang diberikan bagi syarat tertentu termasuk berat dan tinggi badan, namun akan lebih pasti bila Anda datang ke kampus kami untuk cek fisik karena pada beberapa kasus tinggi calon siswa setelah kami ukur ternyata berbeda (bisa lebih / kurang) dengan informasi yang diberikan sebelumnya

      Reply
  37. Daryati oktaviani

    asalamualaikum wr wb??selamat sore mba..??
    mau tanya nie…kalau tinggi badan saya 167 dan berat bada saya 53 kg apakah kira- kira saya bisa lolos untuk jadi pramugari..zol ea saya minat banget buat jadi pramugari yang profesional..trus kalau rambut saya panjang apakah itu tidak akan berpengaruh untuk jadi pramugari..
    min insa alloh tahun ini saya lulus SMK tapi saya mau daftar jadi pramugarinya di usia 19 tahun kira-kira masih bisa gak yahh..
    mohon d jawab yahh….
    terimakasih sebelumnya..
    wasalam……!!!

    Reply
  38. Rahmawati Dewi

    kalau misalkan mengikuti tahun depan, tapi saya tidak sekolah dari setelah lulusan SMA apa bisa menjadi calon siswa pramugari ?

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Garis besarnya bisa jika memang samar, namun lebih pastinya silahkan datang ke salah satu kampus kami untuk diperiksa secara langsung

      Reply
  39. Lisa Leviana

    Min, aku mau nanya..
    1. gigi aku gak ada yang bolong sih, tapi yang gigi depan aku agak berjarak sedikit. Apa itu masih bisa ditoleransi ?
    2. lama pendidikan + pelatihannya hanya 6 bulan aja ya ? setelah itu kita bisa langsung mendaftar jadi pramugari kan ?
    tolong di balas ya Min,
    thanks before

    Reply
  40. dita

    mau nanya dong, bagaimana kalo bahasa inggrisnya tidak terlalu jago, tetapi semua memenuhi persyaratan ideal :) terimakasih

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Sudah disebutkan di atas, calon peserta didik tidak perlu menguasai bahasa Inggris karena nanti akan diajarkan saat pelatihan

      Reply
  41. Edison simanjuntak

    Ne min gue mw nnya ne :
    Klw gigi kta ne banyak bolong lalu kita ngati dgan gigi palsu kira 2 bsa ngak diterima,,

    Reply
  42. Synthia

    Min tinggi saya 169 tp berat saya 69kg kira kira saya harus menurunkan berat badan saya berapa kg ya min? Trs saya punya bekas luka knalpot di betis tp skrg sudah samar apalagi kalau saya pakein foundation, hampir gak kelihatan. Dan saya juga punya strechmark di daerah betis yg juga kelihatannya samar2. Giamana min kira2 masih ada peluang gak? Bls ya min please huhu

    Reply
  43. Synthia

    Kalau saya masih memakai behel saat sedang pendidikan gapapa kan min? Ohiya saya masih sma tp thn ini saya lulus, saya harus daftar pas ijazahnya keluar atau boleh dr sekarang min ?terimakasihh

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Boleh memakai behel saat pelatihan, daftar langsung bisa asal sudah lulus SMA karena ijazah dan syarat lain yang belum jadi dapat menyusul

      Reply
  44. Devi cahyawati

    Min klo pake gigi palsu depan boleh? Biar kliatan rapih gituu… Sbnrnya gigi saya ga ada yg bolong cuman jarang-jarang …

    Reply
  45. bela

    asalamualaikum, min tinggi badan 163 biar ideal berat badan maximal berapa ya? soalnya saya lagi progam diet nih buat bisa masuk PAS, terimkasih :)

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Berat badan ideal sekitar 58 kg. Mungkin rumus berikut juga bisa membantu buat siapa saja yang ingin mengetahui batas berat badan maksimal berdasar BMI.

      (Tinggi Badan)2 x 22 = berat max. Contoh 163 cm = 1.63 m, jadi (1.63)2 x 22 = 58,45

      Reply
  46. selly

    min, aku skrg kelas 3 sma umr 17 thn nah aku mau tnya . mata ku sblh kanan min 1 kiri min 1,75 , itu gak ada kesempatan lagi ya min ? syarat yg lain insya allah aku bisa lwatin , masalah mata ini min pas aku baca lgsg down, krn ak pgen bgt jd pramugari , djwb ya min

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Masalah mata memang harus mengikuti syarat yang ditentukan airlines secara umum dan kami hanya mengikuti. Bila minus lebih sebatas pengetahuan kami baru prosedur lasik yang efektif untuk mengurangi bahkan menghilangkan minus, walau biaya untuk itu juga tidak murah.

      Reply
  47. Louise PriciliaLouise Pricilia

    Min.. saya tamatan dari luar negeri,, bisakah saya mengikuti pelatihan tanpa ada Ijazah SMA ?
    Ijazah yang saya punya terakhir hanya ijazah SMP..
    mohon dibalas…

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Bisa dengan syarat menunjukkan bukti baik berupa ijazah, surat atau lainnya dari sekolah luar negeri yang setara dengan SMA di Indonesia

      Reply
  48. linda

    Apakah lulusan D3 bisa diterima jika selama perkuliahan mngambil fakultas/jurusan lain, yg ngga ada hubungannya sama kepramugarian, misalnya dalam bidang kesehatan (keperawatan/kebidanan) mohon di balas.

    Reply
  49. shahira

    Kalau cwe bnyak bulu kaki and tanganng bisa masuk pramugari gak…trus klo berat badannya 56 kg bsa masuk gx pramugari

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Pada dasarnya bisa, tergantung apakah terlalu berlebihan atau masih dalam taraf normal. Berat badan mengikuti tinggi badan, jadi tidak bisa ditentukan hanya berdasarkan berat saja

      Reply
  50. fitri

    hello..min q mau tanya…
    untuk ground staff,,ko pramugarikn tdk boleh menikah sebelum kontrak krj selesai,apakah ground staff jg sama,,,dan untuk gaji klo pramugari kn tergantung seberapa banyak melakukan penerbangan,nah klo ground staff gmn?mohon jawabannya karena saya bingung piih ground staff atau pramugari

    Reply
    1. adminadmin Post author

      Sebatas pengetahuan kami, ground staff boleh menikah ketika masih terikat kontak kerja dan gaji bersifat tetap bulanan. Hanya gambaran umum, dapat berbeda mengikuti aturan masing-masing perusahaan

      Reply
  51. aprizky perwitu pripta

    min, aku mw nanya.. Kn di tangan kiri
    aku ad luka permanen, tapii ddi bagian
    atas, dket tangan kta klo mw d suntik,
    nahh ap ga di terima ya, klo ad luka
    sperti itu??? Tapi luka nya kecil kok?
    Balas yaa min. :D

    Reply
  52. adminadmin Post author

    Silahkan datang langsung ke kampus sekolah pramugari PAS yang diinginkan, disana Anda akan diberikan penjelasan step by step pendaftaran dari awal hingga akhir. Alamat tiap kampus dapat dilihat di halaman kontak kami.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>